Mengungkap Mitos Saat Haid

Mitos yang beredar saat wanita haid banyak sekali, bahkan sampai tidak dapat di logikakan. Namun inilah kepercayaan yang diturunkan dari nenek nenek moyang  kita ya hehe. Dan permasalahan yang ada adalah tidak sedikit wanita yang mempercayai mitos tersebut.

Bagaimana sih sebenarnya penjelasan ilmiah mengenai mitos-mitos tersebut, apakah benar ada hubungannya dengan fisiologi tubuh saat haid? Mari kita bahas satu persatu ya..


MItos 1 : Minum Soda Untuk Memperlancar Haid

Bener ga sih minum soda bakal bikin haid ngucur terus? yang katanya akan membuat berkurangnya rasa nyeri haid.  Nah ternyata pendapat ini telah dipatahkan dengan penelitian ilmiah.

Berikut adalah ringkasan mengenai penyebab panjang atau pendeknya haid:

Banyak penyebab kenapa siklus menstruasi menjadi panjang atau pendek. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal yang berfungsi di dalam tubuh, yaitu sebagai berikut:

a. Fungsi hormon terganggu yaitu menstruasi terkait erat dengan sistem hormon yang diatur diotak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Sistem hormonal ini akan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. bila sistem pengaturan ini terganggu, otomatis siklus menstruasi pun akan terganggu.

b. Kelainan sistemik yaitu ada ibu yang tubuhnya gemuk atau kurus.hal ini  bisa mempengaruhi siklus menstruasinya karena sistem metabolisme dalam tubuhnya tidak bekerja dengan baik. atau ibu menderita diabetes,  juga akan mempengaruhi sistem metabolisme ibu sehingga siklus menstruasinya pun tidak teratur.

c. Stres bisa saja karena stres,si ibu jadi mudah leleh, berat badan turun drastis, bahkan sakit-sakitan sehingga metabolismenya terganggu, sehingga siklus menstruasipun ikut terganggu.

d. Kelenjar Gondok, terganggunya kelenjar gondok/thyroid juga bisa menjadi penyebab tidak teraturnya siklus menstruasi.

Berbagai poin-poin diatas sudah menjelaskan secara ilmiah bahwa tidak ada hubungan antara soda dengan panjang atau pendeknya maupun banyak atau sedikitnya haid yang keluar yaa.

Karena soda itu berhubungannya dengan enzim enzim pencernaan kita, dimana setelah dicerna tidak berpengaruh pada fungsi kerja hormon yang mempengaruhi menstruasi .

Mitos 2: Jangan Minum Dingin Ketika Sedang Haid

Bener ga sih minum dingin saat sedang haid akan membuat darah haid kita akan membeku sehingga jadi tidak lancar dan menyebabkan kista.

Nah pada kasus ini hampir mirip dengan minum-minuman bersoda, dimana soda ataupun minum dingin akan masuk ke sistem pencernaan dan tidak mempengaruhi sistem reproduksi dimana hormon-hormon esterogen ataupun progesterone bekerja. Kedua saluran sistem ini memiliki saluran dan fungsi kerja yang berbeda, semua makanan ataupun minuman yang masuk ketubuh akan diolah menjadi suhu yang sama ketika masuk ke lambung dan usus kita.

Sehingga secara medis tidak benar adanya pengaruh antara minum-minuman dingin yang kamu konsumsi saat sedang haid dengan adanya gangguan pada mentruasi. Apalagi hingga menyebabkan adanya pembekuan darah, itu hanya kesalahan cara pandang masyarakat.

Mitos 3: Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri Saat Haid Mempengaruhi Kesuburan

Mengkonsumsi obat Pereda nyeri sebenarnya aman dikonsumsi, namun alangkah baiknya jika anda tidak asal memilih obat, karena setiap derajat nyeri memiliki obatnya tersendiri, jangan sampai anda meminum berlebihan obat pereda nyeri.

Apabila nyeri sangat tidak tertahankan atau kira-kira jika digunakan derajat angka mencapai 6-10, maka segeralah ke dokter terdekat untuk mendapatkan pengobatan atau pemeriksaan lebih lanjut. Mengenai kesuburan dengan obat Pereda nyeri sebenarnya tidaklah ada pengaruhnya.

Gangguan kesuburan dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, dapat  karena lapisan otot rahimnya, kualitas dan kuantitas sperma ataupun ovumnya, ataupun saluran tempat ovum dan sperma tersebut bertemu. Namun mengenai hubungan Pereda nyeri dengan kesuburan ini tidak berhubungan selama anda mengkonsumsi sesuai anjuran dokter dan saat dibutuhkan saja.

Mitos 4: Dilarang Keramas dan Gunting Kuku Saat sedang Haid

Ini adalah mitos yang sangat merugikan sebanarnya, terbayangkah apabila dalam kira-kira 1 minggu kita tidak keramas? akan selepek apa rambut ? Hemm.

Berikut adalah pernyataan seorang dokter kandungan Dr. Caroline Tirtajasa,Sp,OG bahwa tidak adanya larangan keramas ketika sedang menstruasi. Menjaga kebersihan adalah hal terpenting ketika sedang menstruasi. Begitu pula dengan mencuci rambut,kebersihan kulit kepala ketika sedang menstruasi harus lebih dijaga karena adanya perubahan hormon.

Sama halnya dengan menggunting kuku, tentulah hal ini juga tidak ada hubungannya. Justru ketika sedang haid menjaga kebersihan memang harus ditingkatkan 

So  guys, meskipun banyak sekali mitos yang berkembang di masyarakat, kita juga harus jangan terlalu cepat mempercayainya. Karena banyak sekali mitos yang sebenarnya hanya akan menggagu fikiran kita ataupun justru akan merugikan kita. Ada baiknya apabila kamu mencari penjelasan ilmiahnya terlebih dahulu sbelum mempercayainya. Sekian pembahasan kita kali ini ya. Dan selalu ingat hal terpenting saat sedang haid adalah menjaga kebersihan diri dan alat reproduksi, serta konsumsilah makanan dan minuman sesuai kebutuhan tubuh agar tubuh tetap fit 😊